20.12.06

Virus Baru Serang Komputer Perusahaan


Jakarta, Sebuah worm baru ditengarai tengah marak beredar di PC-PC (komputer) perusahaan. Worm tersebut menyerang PC perusahaan dengan memanfaatkan celah yang ada di software antivirus Symantec versi korporat.

Setidaknya begitu yang diperingatkan sebuah perusahaan keamanan EEye Digital Security. Menurut perusahaan yang berbasis di Aliso Viejo, California itu, worm yang dijuluki "Big Yellow" tersebut mulai menyerang komputer sejak Kamis (14/12/2006). EEye sendiri mengaku pertama kali menemukan celah itu sejak tujuh bulan lalu.

Symantec, seperti dikutip detikINET dari Associated Press, Sabtu (16/12/2006), sebenarnya telah merilis patch (program tambalan) untuk memperbaiki celah Mei silam. Namun keputusan untuk menginstalnya atau tidak terserah pada perusahaan.

Sampai sejauh ini, menurut Symantec, pihaknya telah menerima tiga laporan terkait serangan worm yang menginfeksi komputer.

"Pastinya ini merupakan worm baru, dan worm ini menyerang sistem yang ringkih. Namun kami belum menemukan bukti bahwa worm tersebut telah menyebar atau menginfeksi komputer secara signifikan," papar Vincent Weafer, senior direktur unit security response Symantec.

Dijelaskan lagi, sekali komputer terinfeksi program "bot" worm tersebut, tidak menutup kemungkinan bagi hacker jahat untuk melakukan serangan ke komputer lain. (dwn/dwn)

......Dari Detik News

No comments: