11.5.11

First Time visit USA


Visit to USA adalah idaman beberapa orang, dimana orang beranggapan itu adalah suatu hal yang istimewa, terlebih jika tujuan ke Amerika Serikat yaitu untuk Tamasya, sungguh luar biasa dengan jarak yang sangat jauh, dibalik Bumi jika kita lihat dari Indonesia, dan biaya yang tidak sedikit ntuk dapat pergi ke Amerika Serikat., selain itu visit to USA lumayan rumit (proses pengajuan visa yang menjadi pembicaraan orang akan dibahas kemudian)
Sungguh sangat beruntung dapat berkunjung ke Amerika Serikat, dimana saya mendapat pengalaman datang ke Amerika untuk tugas belajar dimana tidak ada biaya yang dikeluarkan. Hal yang sangat tidak terduga saat ditugaskan untuk belajar di Amerika. Mulai dari sini saya harus mengatur perjalanan ke Amerika yang tidak mudah, browsing dan bertanya ke Om Google adalah hal termudah dan tercepat karena banyak informasi yang dapat didapat dengan memberikan pertanyaan sesuai dengan apa yang kita minta. Mari kita mulai........

Persiapan Pengajuan Visa ke Amerika

- Siapkan Surat Sponsor dari Perusahaan tempat kita berkerja, isinya bahwa kita ditugaskan untuk training atau tugas ke Amerika, dan dicantumkan Siapa yang ditugaskan, tanggal mulai dan akhir pendidikan, lokasi training, tujuan training.
- Siapkan Surat Sponsor dari penyelenggara Pendidikan di Amerika dimana isinya kurang lebih, ditulis bahwa nama saya akan melakukan training apa di Amerika, tgl mulai - berakhir, trus dimana lokasinya. Surat sponsor ini ditujukan ke Embassy Amerika di Jakarta. Contoh saya training IBM, maka IBM Indonesia atau Amerika membuat surat sponsor ini.
- Siapkan persyaratan pengajuan Visa
- Pasport
- Photo 5x5 dengan spesifikasi khusus, untuk gampangnya lakukan photo di tempat
photo yang besar (bilang ke tukang photo buat visa ke amerika, biasanya mereka sudah tau spesifikasi photonya, jangan ambil resiko dengan asal buat photonya..nanti dibalikin permohonan visa di kedutaan jika salah.
- Siapkan Data Local Contact di Amerika, Nama, Alamat, No telp, Email
- Bayar biaya visa (Rp.1.260.000 - bisa saja berubah jika ada kebijakan lain) dibayar di Standart Charter atau Bank Permata cabang tertentu . (see http://www.standardchartered.com/id/_documents/VISA_FEE_Guideline_BAHASA.pdf) selanjutnya akan dapat UID
- Daftar Pengajuan Visa secara Online di https://ceac.state.gov/genniv/default.aspx
- Daftar isian kurang lebih : Nama, kapan tgl pergi dan pulang dari Amerika, tujuan nya apa, nama keluarga, besar penghasilan dll.
- Setelah Selesai maka anda dapatkan konfirmasi Pengajuan dan Jadwal Wawancara.
- Print Konfirmasi dan Jadwal Wawancara dengan printer laser karena nanti akan di scan di kedutaan, jangan sampe rusak pada barcodenya.
- Sampai langkah ini anda telah siap untuk Pergi ke Kedutaan untuk wawancara..

(bersambung....untuk Proses Wawancara di Kedutaan Amerika Serikat..)

No comments: